Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 08:22 WIB

Eks Panglima TNI Dilaporkan Atas Tuduhan Makar

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 21 Mei 2019 | 16:51 WIB
Eks Panglima TNI Dilaporkan Atas Tuduhan Makar
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mico Napitupulu melaporkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke Bareskrim Polri. BPN disebut Mico telah membuat resah dengan sebutan People Power yang kini berganti nama dengan Kedaulatan rakyat.

"Ada serangkaian perbuatan atau peristiwa yang mengindikasikan bahwa itu adalah mengarah kepada makar. Di antaranya adalah pada tanggal 31 Maret 2019, itu ada pernyataan dari Saudara Amien Rais yang notabenenya dia duduk sebagai anggota Dewan Pembina di BPN, yang menyatakan atau menyerukan untuk melakukan people power," kata Mico di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Laporan Miko terdaftar di Bareskrim dengan nomor LP/B/0495/V/2019/BARESKRIM tertanggal 21 Mei 2019. Terlapor dalam laporan ini adalah Djoko Santoso selaku Ketua BPN Prabowo-Sandi.

Mantan Panglima TNI ini dilaporkan dengan sangkaan Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara/Makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 110 jo Pasal 108 (1) dan/atau Pasal 163 Bis Jo Pasal 146.

"Peristiwa lainnya yang tidak bisa terlepas, ada kaitannya dengan peristiwa sebelumnya, yaitu pada saat Saudara Eggi Sudjana yang sekarang sudah dijadikan tersangka itu menyatakan bahwa people power harus dilakukan dan tidak perlu mengindahkan konstitusi," jelas Miko.

"Lalu, juga ajakan Eggi Sudjana yang long marchdari Lapangan Banteng untuk demo di Bawaslu, lalu ada kegiatan lain," sambung Miko.

Dalam laporanny, Miko melampirkan barang bukti berupa flashdisk berisi rekaman video Eggi dan Amien saat menyerukan people power. Dia juga melampirkan surat daftar pengurus BPN. [ton]

Komentar

x