Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:48 WIB

Prabowo Isyaratkan Akan Gugat Hasil Pilpres ke MK

Oleh : Fadli Zikri | Selasa, 21 Mei 2019 | 17:03 WIB
Prabowo Isyaratkan Akan Gugat Hasil Pilpres ke MK
Calon Presiden dan Wakil Presiden 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, bersama pendukungnya menggelar konferensi pers dikediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, Selasa (21/5) - (Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Calon Presiden 02 Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya akan terus menempuh upaya hukum dan konstitusional dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang dinilai telah dicurangi dalam Pemilu 2019 ini.

Kepada seluruh komponen masyarakat, relawan, pendukung dan simpatisan paslon 02, Prabowo menyerukan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum serta selalu menjaga agar aksi-aksi menyampaikan pendapat di depan umum selalu dilaksanakan dengan damai, berakhklak, dan konstitusional. Prabowo pun mengisyaratkan akan menempuh gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menolak hasil Pilpres.

"Bahwa ada upaya hukum dan upaya konstitusional lainnya, itu akan kami laksanakan untuk membuktikan kepada rakyat bahwa kita sungguh-sungguh benar-benar menjunjung tinggi kehidupan hukum dan kehidupan demokrasi," kata Prabowo di kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Prabowo juga menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 yang dinilai penuh kecurangan. Bahkan pengumuman hasil Pilpres yang dilakukan KPU pada Senin (21/5) dini hari janggal.

"Hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU selama penghitungan tersebut bersumber pada kecurangan," ujarnya.

Sebelumnya, pengumuman hasil Pilpres dan Pemilu 2019 sedianya akan diumumkan pada tanggal 22 Mei dipercepat oleh KPU paa Senin dini hari. Kemudian, jika selama tiga hari tidak ada pasangan calon Presiden yang mengajukan gugatan ke MK, maka KPU akan menetapkan pemenang Pilpres.

Berdasarkan keputusan pleno KPU Senin dini hari itu, Calon Presiden 01 Jokowi-Maruf mendapatkan 85.036.828 suara atau 55,41 persen dan Prabowo-Sandi mendapat 68.442.493 suara atau 44,49 persen. [ton]

Komentar

x