Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 01:31 WIB

PKS Anggap Imbauan Dubes AS Hal Yang Wajar

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 18 Mei 2019 | 08:01 WIB
PKS Anggap Imbauan Dubes AS Hal Yang Wajar
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan imbauan yang disampaikan Kedutaan Besar Amerika Serikat kepada seluruh warga negaranya soal Demo 22 Mei, adalah sesuatu yang wajar.

"Hal yang wajar tiap kedutaan besar memberi peringatan pada warga negaranya berkaitan kondisi sosial politik negara tempatnya bertugas," katanya kepada INILAHCOM, Jumat (17/5/2019).

Ia menjelaskan, pada dasarnya isi imbauan dari Kedubes AS tersebut berupa sebuah imbauan bernada preventif. Ia pun yakin aksi massa pada 22 Mei dalam mengawal pengumuman resmi hasil Pemilu 2019 oleh KPU, akan berjalan aman dan kondusif.

"Isinya preventif. Dan kita yakin kondisi 22/5 akan aman. Unjuk rasa bagian dari bunga demokrasi," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia memperingatkan warga negaranya untuk waspada dan menghindari aksi unjuk rasa terkait dengan hasil Pemilu pada 22 Mei nanti di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Kedubes AS dalam laman resminya pada Jumat (17/5/2019).

Dalam keterangannya, Kedubes mengutip keterangan Polri yang menyatakan secara terbuka bahwa risiko terorisme meningkat terkait dengan finalisasi hasil Pemilu. Selain itu, demikian lembaga tersebut, media pun melaporkan penangkapan sejumlah WNI terkait dengan tuduhan terorisme.

Kantor itu juga menyatakan demonstrasi diperkirakan dapat terjadi di sejumlah tempat yang berkaitan dengan Pemilu, termasuk KPU RI di kawasan Imam Bonjol dan Bawaslu di MH Thamrin. Demo itu juga diperkirakan terjadi di kota lain macam Surabaya dan Medan.

"Hindari area demonstrasi atau unjuk rasa politik, dan berhati-hati jika berada di pertemuan besar," demikian Kedubes AS. [hpy]

Komentar

x