Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 08:13 WIB

Cegah Cacar Monyet

Bandara Jogja Periksa Penumpang Asal Singapura

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 17 Mei 2019 | 22:05 WIB
Bandara Jogja Periksa Penumpang Asal Singapura
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta, Agus Syah mengatakan pihaknya mencegah persebaran virus cacar monyet dengan melakukan pemeriksaan terhadap warga yang datang dari Singapura.

"Kita tempatkan petugas, dokter, perawat, ambulan dan alat thermo scanner yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh. Karena, Adisutjipto ada flight langsung dari Singapura," kata Agus kepada wartawan, Jumat (17/5/2019).

Menurut dia, pihaknya telah menyiagakan alat dan petugas medis untuk memeriksa penumpang yang datang dari Singapura. Bahkan, ada dua unit alat thermo scanner yang dipasang di terminal kedatangan internasional.

"Alat tersebut bisa mendeteksi suhu tubuh penumpang," ujarnya.

Ia menjelaskan apabila suhu tubuh penumpang tinggi, maka petugas akan melakukan wawancara dan observasi terhadap penumpang tersebut.

"Kalau suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, kita perlu curiga. Karena semua penyakit infeksi, pasti suhu tubuh meningkat," jelas dia.

Memang, Agus mengaku sudah rutin melakukan pemeriksaan terhadap penumpang internasional di Bandara Adisutjipto meski belum ramai muncul virus cacar monyet.

"Semuanya kita lakukan pencegahan, cegah virus dari luar masuk ke sini, dan sebaliknya. Karena sesuai UU Karantina Nomor 6/2018, semua pesawat atau alat angkut dari luar negeri harus dikarantina," tandasnya. [adc]

Komentar

x