Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 13:50 WIB

KPK Telusuri Peran PT CGA Di Kasus Bengkalis

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 17 Mei 2019 | 12:28 WIB
KPK Telusuri Peran PT CGA Di Kasus Bengkalis
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus peran signifikan PT Citra Gading Asritama (PT CGA) dalam kasus dugaan suap yang menjerat Bupati Kabupaten Bengkalis Amril Mukminin.

Kemarin, KPK baru menetapkan sang bupati sebagai tersangka suap dan gratifikasi.

"Tak menutup kemungkinan bahwa korporasi miliki peranan sangat besar dalam suap ini," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (17/5/2019).

Febri memastikan peran PT CGA akan ditelisik lebih jauh selama proses penyidikan Amril. "Tentu akan ditelusuri, tapi kita masih fokus ke individu," ujarnya.

Amril diduga menerima suap atau gratifikasi dari PT CGA sebanyak Rp5,6 miliar. Suap itu terkait pemulusan kontrak proyek multi years pembangunan Jalan Duri-Sei Pakning di Kebupaten Bengkalis.

Proyek pembangunan jalan ini merupakan satu dari 6 paket pekerjaan jalan di Kabupaten Bengkalis tahun 2012 dengan nilai anggaran Rp537,33 miliar. Uang suap mengucur ke Amril dalam dua tahap, sebelum dan sesudah menjabat sebagai bupati Bengkalis.

Pemberian pertama pada Februari 2016, sebanyak Rp2,5 miliar. Pemberian kedua terjadi pada rentang waktu Juni dan Juli 2017 sebanyak Rp3,1 miliar dalam bentuk Dollar Singapura. [rok]

Komentar

x