Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 08:26 WIB

Bekas Sekda Kota Malang Segera Diadili

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 17 Mei 2019 | 10:17 WIB
Bekas Sekda Kota Malang Segera Diadili
Mantan Sekda Kota Malang Cipto Wiyono

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Sekda Kota Malang Cipto Wiyono segera duduk di kursi kesakitan pengadilan tindak pidana korupsi. Hal itu menyusul telah rampungnya proses penyidikan kasus dugaan suap dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang tahun 2015 yang menjerat Cipto Waluyo.

Penyidik KPK melimpahkan berkas perkara, barang bukti, dan tersangka Cipto Wiyono, ke tingkat penuntutan atau tahap dua. Selanjutnya, penuntut umum memiliki waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan dan melimpahkannya ke pengadilan.

"Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka CW (Sekda Kota Malang tahun 2015) tersangka TPK suap terkait pembahasan APBD-P Pemerintah Kota Malang TA 2015 ke penuntutan tahap 2," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah lewat pesan singkat, Jumat (17/5/2019).

Rencananya, persidangan Cipto digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jawa Timur. Dalam merampungkan berkas penyidik telah memeriksa sekitar 63 orang saksi dari berbagai unsur. Mulai dari pejabat di Pemerintah Kota Malang, DPRD, Bappeda, Dinas PU Kota Malang hingga pihak swasta.

Cipto diketahui terjerat dalam pengembangan kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang tahun 2015. Cipto diduga bersama-sama dengan mantan Wali Kota Malang Moch Anton dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan Pemkot Malang Edy Sulistiyono, memberi hadiah atau janji ke pimpinan dan anggota DPRD Kota Malang.

Diduga suap itu terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun Anggaran 2015 Kota Malang. [rok]

Komentar

x