Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:41 WIB

Soal Putusan Bawaslu, KPU Ucapkan Terima Kasih

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 16 Mei 2019 | 17:11 WIB
Soal Putusan Bawaslu, KPU Ucapkan Terima Kasih
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespons putusan Bawaslu yang memutuskan, lembaga pemilu ini telah melanggar tata cara dan prosedur penginputan data ke dalam sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Adapun melalui putusan ini, Bawaslu memerintahkan agar lembaga pimpinan Arief Budiman ini melakukan perbaikan sistem Situng ke depannya.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya justru merasa berterima kasih atas putusan yang ditetapkan oleh Bawaslu ini. Pasalnya, melalui putusan ini, KPU tak perlu menutup Situng. Perbaikan sistem, lanjut Ubaid, pastinya akan terus dilakukan KPU ke depannya.

"Kami ucapkan kepada Bawaslu terima kasih karena sudah memberikan keputusan yang sudah adil," kata Pramono di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Ia menilai, melalui putusan ini Bawaslu dinilai masih memiliki komitmen keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan pemilu. Adapun KPU, kata dia, akan selalu bersikap terbuka menerima laporan publik.

"Jika informasi itu benar, maka akan kami perbaiki. Kami pastinya akan memperbaiki sistem input Situng. Putusan Bawaslu sebenarnya menegaskan bahwa proses penetapan hasil-hasil pemilu bukanlah melalui Situng," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Bawaslu memutuskan KPU telah melanggar tata cara dan prosedur penginputan data ke sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Sidang ini digelar sebagai bentuk tindak lanjut adanya laporan dugaan kecurangan dalam situng KPU yang diajukan oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) pada awal bulan ini. [ton]

Komentar

x