Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 21:39 WIB

Soal Kritik Sandi, Polri Imbau Ajukan Praperadilan

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 15 Mei 2019 | 20:05 WIB
Soal Kritik Sandi, Polri Imbau Ajukan Praperadilan
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Cawapres 02, Sandiaga Uno mengkiritik Polri yang menetapkan tersangka dugaan makar kepada sejumlah pendukungnya. Polri mengatakan jika ada yang merasa keberatan, maka dipersilahkan untuk menguji di praperadilan.

"Kalau ada pihak-pihak yang merasa dirugikan akibat tindakan penyidik, kan ada mekanisne konstitusionalnya, bisa diuji di ranah sidang praperadilan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dedi berharap kepada tokoh-tokoh yang kini terjerat Pasal Makar untuk menghormati seluruh proses hukum yang berlaku. Dedi menegaskan bahwa polisi menerapkan pasal tersebut berdasarkan alat bukti yang kuat.

"Sebagai warga negara Indonesia yang baik, harus menghargai bahwa ini adalah negara hukum, dengan segala bentuk, macam. Konstitusi harus dihargai," jelas Dedi.

Sebelumnya, Sandiaga Uno meminta agar pernyataan-pernyataan para tokoh di Tanah Air tidak diartikan sebagai gerakan makar. Sandiaga meyakini semua tokoh memiliki harapan yang sama yakni menjadikan Indonesia lebih baik.

"Jangan semua ungkapan ini dibelokkan ke pasal makar. Karena semua berkeinginan positif, optimis Indonesia yang lebih baik, adil makmur baldatun toyyibatun warobbun ghofur," ujar Sandiaga. [ton]

Komentar

x