Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 21:58 WIB

Jokowi Akan Tingkatkan Ekonomi Syariah

Selasa, 14 Mei 2019 | 21:42 WIB
Jokowi Akan Tingkatkan Ekonomi Syariah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024 di Kantor Bappenas, Jakarta pada Selasa (14/5/2019).

Menurut dia, Indonesia punya peluang besar menjadi ekonomi terkuat.

"Kunci utama menuju cita-cita ekonomi tersebut yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia kunci itu adalah ekonomi syariah," kata Jokowi.

Menurut dia, ekonomi syariah sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional, sumber kesejahteraan umat ekonomi syariah punya potensi besar di tingkat global. Maka dari itu, peluncuran masterplan ini untuk bangkitkan ekonomi syariah di Indonesia.

"Saatnya kita bangkitkan potensi ekonomi syariah di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia," ujarnya.

Kemudian, Jokowi mengatakan ekonomi syariah bisa turut mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong keadilan sosial dan melestarikan lingkungan. Bahkan, sudah dibentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

"Komite ini yang akan turut mengawal pelaksaan dari master plan ekonomi syariah Indonesia ke depan," jelas dia.

Namun, Jokowi menyadari sesuai data Global Islamic Economy Indicator tahun 2018 bahwa Indonesia masih berada di posisi ke-10 dalam negara yang menyelenggarakan ekonomi syariah.

"Indonesia masih berada di bawah Malaysia, UAE, Bahrain, Arab Saudi, Oman, Yordania, Qatar, Pakistan, Kuwait. Saya yakin dan percaya saat kita semua bekerja sama memasarkan master plan ekonomi syariah Indonesia, Indonesia akan segera menajadi pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia," tandasnya. [ton]

Komentar

x