Find and Follow Us

Minggu, 20 Oktober 2019 | 17:39 WIB

Demokrat: Polisi Jangan Gampang Pidanakan Pikiran

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 11 Mei 2019 | 11:30 WIB
Demokrat: Polisi Jangan Gampang Pidanakan Pikiran
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik justru membela Kivlan Zen yang sempat dicegat penyidik kepolisian di bandara ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri. Padahal, Kivlan sempat menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) licik.

"Seharusnya polisi tidak gampang memidanakan pikiran, ucapan dan tindakan warga negara yang didasari oleh keyakinan politiknya," kata Rachland lewat twitternya yang dikutip Sabtu (11/5/2019).

Menurut dia, demokrasi memberikan ruang lega kepada sikap kritis warga terhadap pemerintah. Maka, jangan sampai pemerintah menutup kebebasan masyarakat lewat penegak hukum yang berlebihan.

"Jangan ruang-ruang kebebasan itu ditutup oleh pengelolaan keamanan berlebihan," tandasnya.

Kivlan Zen belakangan dilaporkan oleh masyarakat baik Polda Metro Jaya maupun Bareskrim Polri terkait dugaan penyebaran berita bohong dan makar. Memang, Kivlan salah satu tokoh yang vokal mengkritik pemerintah.

Laporan terhadap Kivlan diterima oleh polisi nomor laporan LP/B/0442/V/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019. Selain Kivlan, aktivis Lieus Sungkharisma juga dilaporkan atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar ke Bareskrim Polri.

Laporan terhadap Lieus diterima dengan nomor laporan LP/B/0441/B/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019. Dalam laporan itu, diketahui laporan terhadap Lieus dilakukan oleh Eman Soleman.

Dalam laporan tersebut, keduanya dilaporkan atas Tindak Pidana Penyebaran Berita Bohong atau hoaks dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan atau Pasal 15 serta terhadap Keamanan Negara atau Makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 jo Pasal 110 jo Pasal 87 dan atau Pasa 163 jo Pasal 107. [rok]

Komentar

Embed Widget
x