Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 13:13 WIB

Berdua di Kamar Kos, Pasangan WNA Terjaring Razia

Sabtu, 11 Mei 2019 | 09:26 WIB
Berdua di Kamar Kos, Pasangan WNA Terjaring Razia
(beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Kediri - Dua orang Warga Negara Asing (WNA) terjaring operasi cipta kondisi yang digelar oleh Satpol PP Kota Kediri. Keduanya tidak sanggup menunjukkan paspor asli dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Mereka bernama Pang Kun, mengaku beralamat di RT.08 RW.10 Kedungdoro, Surabaya dan Rani menyebut tinggal di RT.12 RW.07 Desa Penjaringan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Keduanya sempat menjalani pemeriksaan di Markas Satpol PP Kota Kediri, sebelum akhirnya dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kediri.

"Mereka tidak bisa menunjukkan fisik pasport asli dan KITAS serta memiliki SIM A Nasional. Lalu, seorang wanita yang mengaku istrinya, kemudian pengakuannya berubah," ujar Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid, Jumat (10/5/2019) malam.

Kedua WNA ini ditemukan petugas dari rumah kos milik Susiani di Jalan Urip Sumoharjo No 189, Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri. Keduanya berada di dalam satu kamar kos. Kepada petugas, mereka sempat mengakui pasangan suami-istri. Tetapi, keterangannya berubah.

"Si perempuan mengaku, sebagai istrinya. Kemudian pengakuannya berubah sebagai karyawannya. Yang bersangkutan memiliki usaha dagang asesoris HP," beber Nur Khamid.

Rumah kos milik Susiani ini dikelola oleh Nurhadi dengan tarif sebesar Rp 750-1,6 juta per bulan. Pengelola belum dapat menunjukkan izin usaha, karena pemilik kos tengah berada di Yogyakarta. Petugas meminta agar, sepulang dari bepergian, pemilik bisa menunjukkan bukti perizinan kos yang memiliki 9 kamar dan 1 kantor untuk jasa pengiriman tersebut.

Perlu diketahui, razia ini digelar Satpol PP Kota Kediri untuk menciptakan situasi aman dalam bulan suci Ramadan. Dalam operasi rutin kali ini, petugas menyasar tempat usaha kos di wilayah Kecamatan Kota Kediri. Komandan regu operasi adalah Puguh Wiyono dan Kanit TTD Satpol PP Suheri. Mereka bersama anggotanya masing-masing.

Operasi dimulai dari rumah kos di Jalan Setono Gang VII RT.06 RW. Tetapi dari tempat itu tidak ditemukan pelanggaran tindak asusila maupun pelanggaran identitas. Lalu dilanjutan ke rumah kos di Jalan Setono Gang V RT.02 RW.01. Juga tidak ditemukan pelanggaran.

Lokasi ketiga di rumah kos Jalan Rambutan Kelurahan Kaliombo RT.02 RW.03, rumah kos di Jalan Rambutan Kelurahan Kaliombo RT.02 RW.03 terakhir di rumah kos di Jalan Urip Sumoharjo No.189 Kelurahan Ngronggo RT.03 RW.05. Di tempat kos inilah, kedua WNA tersebut ditemukan petugas dalam satu kamar. [beritajatim]

Komentar

x