Find and Follow Us

Jumat, 21 Juni 2019 | 01:25 WIB

Kakorlantas Cek Jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Sabtu, 11 Mei 2019 | 00:22 WIB
Kakorlantas Cek Jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi bersama rombongan mengecek jalur mudik dari Pelabuhan Merak, Banten sampai ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Pengecekan dilakukan untuk memastikan persiapan arus mudik lebaran 2019.

Menurut Refdi, dari hasil pantauan, selama perjalanan dari Jakarta ke Merak, ada sejumlah ruas jalan yang masih dalam proses perbaikan. Diharapkan, pada H-10 lebaran, perbaikan sudah selesai dan jalan bisa dilalui dengan lancar.

Refdi menambahkan, dirinya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Pelabuhan Merak untuk mengetahui gambaran arus mudik tahuh ini. Dari situ diketahui, pelabuhan bakal beroperasi selama 24 jam selama arus mudik.

"Di sini ada sekitar 66 kapal, kemudian 34 akan beroperasi penuh selama 24 jam," kata Irjen Refdi, Jumat (10/5/2019).

Dengan beroperasinya 34 kapal selama 24 jam di Pelabuhan Merak, Refdi berharap kapal-kapal tersebut bisa menampung jumlah pemudik tahun ini.

Pasalnya, kata Refdi, pada puncak arus mudik tahun lalu, Pelabuhan Merak dipenuhi 170 ribu penumpang. Kemudian, total keseluruhan pemudik yang menggunakan Pelabuhan Merak pada mudik 2018 mencapai 1,5 juta orang.

"Tentu harapan kami setelah menerima paparan tadi semua bisa dijadikan sebagai acuan baik selama arus mudik dan balik," sambung Refdi.

Polri, dijelaskan Refdi juga telah menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak apabila terjadi antrean panjang yang menyebabkan kemacetan.

"Nanti di tol paling ujung kilometer 98, kalau ada antrean sampai kilometer 95 maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Nanti ada jalur alternatif yang sudah disiapkan," tutur Refdi. [ton]

Komentar

x