Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:43 WIB

Korlantas Siap Amankan Mudik 2019

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 7 Mei 2019 | 23:11 WIB
Korlantas Siap Amankan Mudik 2019
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri memberikan arahan singkat dan paparannya dalam rapat koordinasi angkutan lebaran 2019 bidang lalu lintas yang digelar Kemenhub, Selasa (7/5/2019) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah.

"Pemerintah sudah menetapkan libur nasional dan cuti bersama, tentunya juga kita harus siap bagaimana memanajemen dan mengelola pergerakan-pergerakan arus mudik-balik lebaran 2019." kata Refdi..

Refdi menyebutkan bahwa tahun ini estimasi penambahan minat pemudik akan cukup signifikan. Hal tersebut terjadi dikarenakan faktor pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasarana dengan sangat baik.

"Animo masyarakat mudik tahun ini akan meningkat 30-40 persen. Justru itu yang kami lakukan adalah bukan hanya survei pada ruas jalan tol, tetapi juga ruas jalan nasional. Serta tidak hanya di daerah Jawa saja, melainkan juga Lampung, Palembang, Sumut, dan wilayah lain," ucap Refdi.

Manyambut hal tersebut, Korlantas bersama stakeholder, Kementerian Perhubungan, Jasamarga, Bina Marga, dan Jalan Tol, menyatakan kesiapannya memberikan pelayanan yang terbaik.

"Kami sudah siap, pengalaman kita dari tahun ke tahun sudah sangat terbiasa dengan kegiatan seperti ini. Hanya saja fluktuasinya dari waktu ke waktu dan dinamikanya mungkin sedikit berbeda. Ini yang jadi perhatian khusus kita." jelas Refdi.

Jenderal bintang dua ini pun meyakini bahwa pengelolaan mudik tahun ini akan berjalan dan termanajemen lebih baik lagi dari tahun-tahun yang lalu.

"Saya berkeyakinan betul, walaupun sudah ditetapkan tanggal libur dan cuti bersama oleh pemerintah, namun kita adalah orang-orang yang tidak menikmati cuti dan libur bersama tersebut. Oleh karenanya, dikarenakan jika itu kita lakukan, saya beryakinan peningkatan 10-40% itu dapat kita kelola dengan sebaik-baiknya, maka mudik akan berjalan lancar," tutur dia. [ton]

Komentar

x