Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 11:49 WIB

Polisi Tetapkan 2 Tersangka Massa 'Baju Hitam'

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 3 Mei 2019 | 11:52 WIB
Polisi Tetapkan 2 Tersangka Massa 'Baju Hitam'
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polisi telah menetapkan dua orang kelompok buruh yang menganut paham Anarcho Syndycalism sebagai tersangka terkait dengan peristiwa kericuhan yang terjadi di Bandung, Jawa Barat, ketika peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day. Keduanya diduga melanggar pidana karena merusak fasilitas umum atau vandalisme.

"Dari (pelaku) dewasa sudah dilakukan identifikasi tentang keterlibatan mereka dalam suatu tindak pidana khususnya perusakan dan aksi vandalisme, ditetapkan dua tersangka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Dedi menjelaskan, dari 619 kelompok yang khas dengan penampilan 'baju hitam dan penutup wajah' itu telah diidentifikasi menjadi dua kelompok. Yakni, mereka yang masih dibawah umur dan sudah dewasa.

"Diidentifikasi kembali terdiri dari 326 adalah dewasa dan 293 anak anak," tutur Dedi.

Untuk para pelaku yang masih anak-anak, kata Dedi, pihaknya melakukan langkah-langkah pembinaan. Sedangkan, pelaku yang sudah dewasa, polisi menerapkan hukuman pidana.

"Khusus anak-anak pola yang dilakukan Polda Jabar dan Polrestabes Bandung memanggil seluruh orang tua. Polanya adalah pola persuasif," ucap Dedi. [rok]

Komentar

x