Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 07:01 WIB

Longsor Bengkulu, Belasan Ribu Warga Mengungsi

Senin, 29 April 2019 | 13:34 WIB
Longsor Bengkulu, Belasan Ribu Warga Mengungsi
(Foto: Istimewa)

INILACOM, Jakarta - Bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bengku mengakibatkan belasan ribu warga terpaksa mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan jumlah pengungsi mencapai 12 ribu jiwa dari 13 ribu warga yang terdampak banjir dan longsor. Bahkan sebagian warga belum bisa kembali ke rumahnya lantaran akses jalan terputus.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu telah mendirikan posko pengungsian sebanyak 12 titik untuk menampung para korban banjir. Saat ini para korban banjir sangat membutuhkan bantuan makanan serta obat-obatan.

"Pengerahan tenaga aparat Pemda, POLDA, TNI/Polri, Lanal, BASARNAS, Tagana, ACT, PKPU, MDMC, mahasiswa, Perkumpulan Organisasi Tionghoa Bengkulu, dan organisasi lainnya," ujar Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Sementara itu, Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) pun telah mendirikan posko pengungsi sebanyak lima buah. Karena pengungsi korban banjir yang datang terus mengalami peningkatan.

"Posko dimaksimalkan untuk mendistribusikan makanan siap saji dan logistik kebutuhan pokok pengungsi," ujar Relawan MRI Apra Julianda.

Sebelumnya diberitakan, korban tewas musibah banjir dan longsor di Kabupaten Bengkulu mencapai 29 orang dan 13 orang lainnya masih hilang atau belum ditemukan. Jumlah korban tewas terbanyak berada di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 22 orang.

Kebanyakan korban tewas akibat longsor yang terjadi di Kaki Gunung Bungkuk di Kabupaten Bengkulu Tengah. Sedangkan sisanya berada di Kabupaten Kepahiang sebanyak 3 orang, Kabupaten Lebong sebanyak 1 orang dan Kota Bengkulu sebanyak 3 orang. [ton/rok]

Komentar

x