Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 21:42 WIB

KPK Cegah Sofyan Basir Bepergian ke Luar Negeri

Oleh : Ivan Sethyadi | Sabtu, 27 April 2019 | 09:29 WIB
KPK Cegah Sofyan Basir Bepergian ke Luar Negeri
Direktur Utama PLN Sofyan Basir - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan mencegah Direktur Utama PLN Sofyan Basir ke luar negeri. Pencegahan ke luar negeri ini berkaitan dengan penyidikan kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

"Untuk kebutuhan penyidikan dugaan suap terkait kesepakatan kontrak kerja sama Pembangunan PLTU Riau-1, KPK telah mengirimkan surat pada Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM tentang pelarangan ke luar negeri terhadap Sofyan Basir, Direktur Utama PT. PLN (Persero)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sabtu (27/4/2019).

Pencegahan ke luar negeri ini berlaku selama enam bulan sejak 25 April 2019. Dengan demikian, Sofyan dipastikan tak dapat melancong ke luar negeri setidaknya hingga Oktober 2019."Pelarangan ke luar negeri ini dilakukan selama 6 bulan ke depan terhitung sejak tanggal 25 April 2019," kata Febri.

Meski demikian, sejauh ini, KPK belum menjadwalkan memeriksa Sofyan sebagai tersangka."Terkait dengan jadwal pemanggilan SFB sebagai tersangka, akan dilakukan sesuai kebutuhan Penyidikan," jawabnya.

Sofyan diketahui sudah kembali ke Indonesia setelah dikabarkan ke luar negeri saat dirinya diumumkan sebagai tersangka. Dari informasi dihimpun, Sofyan kala itu sedang dalam perjalanan bisnis selaku jabatannya sebagai Dirut PLN. [rok]

Komentar

x