Find and Follow Us

Jumat, 20 September 2019 | 07:19 WIB

Satgas Siber Patroli Pantau Akun Provokatif & Hoax

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Sabtu, 27 April 2019 | 02:01 WIB
Satgas Siber Patroli Pantau Akun Provokatif & Hoax
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Satgas Siber Polri bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN) dan Kominfo terus melakukan pantauan terhadap akun-akun media sosial yang menyebarkan narasi provokasi dan berita bohong atau hoax.

"Jadi untuk kegiatan siber patrol yang dilaksanakan Polri termasuk satuan tugas bersama antara Polri, BSSN dan Kominfo terus melakukan patroli siber. Tujuan pertama memitigasi setiap akun yang menyebarkan konten negatif hoax dan lainnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

"Kemudian memberikan literasi digital peringatan awal terhadap akun-akun yang menyebarkan konten provokatif, negatif dan hoax. Setelah peringatan awal tidak diindahkan maka langkah berikutnya dilakukan satgas langsung bekerja sama dengan pengelola laman itu memblokir dan mentake down. Tapi kalau masih mengulangi perbuatan tersebut maka langkaj terakhir penegakan hukum," jelasnya.

Dedi menjelaskan bahwa saat ini sudah ada beberapa akun-akun yang bernada provokatif dan menyebarkan berita bohong.

"Saat ini sudah beberapa kasus ditangani termasuk yang melakukan hacker dan penyebaran berita hoax di Jawa Barat. Kemudian di Sumatera Utara dan di Papua sudah di profiling dan kejadian di Sampang profiling, di Gorontalo tim sudah datsng kesana dan yang bersangkutan lari ke Jakarta," ungkap Dedi.

Dedi menyebut bahwa hasil pemantauan patroli Siber, penyebaran berita bohong dan bernada provokatif berkurang sekitar 25 persen. Hal itu, karena tim patroli Siber memaksa akun-akun untuk tidak lagi menyebarkan narasi provokatif dan penyebaran berita bohong.

"Sudah turun karena kita lakukan upaya paksa turun 25 persen lah," sambung dia. [adc]

Komentar

x