Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 06:43 WIB

Titik Rawan Tahapan Akhir Pemilu Berpusat di DKI

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 26 April 2019 | 15:12 WIB
Titik Rawan Tahapan Akhir Pemilu Berpusat di DKI
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tahapan akhir Pemilu 2019 akan berpusat di Jakarta. Titik rawan pun diyakini Polri akan berpusat di Jakarta.

"Dari Polri selesai pemungutan suara dan ketika sudah dilakukan proses penghitungan C1 di tiap-tiap KPUD, maka tingkat kerawanan semua akan bertumpul di Jakarta, karena proses akhir dari pelaksanaan pemilu itu endingnya di Jakarta tanggal 22 Mei penetapan hasil pmilu secara nasional," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

"Kemudian beberapa rangkaian kegiatan, ada beberapa kegiatan lagi tentunya akan diamankan juga yang merupakan bagian pentahapan pemilu," sambung Dedi.

Dedi mengatakan di daerah-daerah tahapan Pemilu 2019 berangsur selesai karena proses penghitungan suara akan dilakukan dari tingkat KPU Daerah diteruskan ke KPU pusat.

Dedi pun menegaskan bahwa polisi telah mengantisipasi segala kemungkinan kerawanan tahapan akhir Pemilu yang berpusat di Jakarta.

"Antisipasi sudah ada ya, beberapa potensi bentuk-bentuk kerawanan yang mungkin bisa saja terjadi, itu sudah kita antisipasi secara maksimal, bentrok antar pendukung, konflik yang jauh lebih luas, semua sudah kita perhitungkan dengan massa, dan langkah-langkah mitigasi. Untuk itu semua sudah kita persiapkan dengan matang, khususnya Polda Metro Jaya," jelas Dedi.

KPU akan mengumumkan hasil penghitungan manual Pemilu pada 22 Mei 2019. Nantinya, tahapan Pemilu juga masih akan berlangsung sampai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober 2019. Bagi pihak yang mergasa tidak puas dengan hasil Pemilu, maka bisa mengajukan gugatan ke Bawaslu atau yang paling akhir melalui Mahkamah Konstitusi (MK). [rok]

Komentar

x