Find and Follow Us

Rabu, 18 September 2019 | 21:37 WIB

Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter

Jumat, 26 April 2019 | 14:19 WIB
Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

Seperti halnya di Perairan Sabang hingga Banda Aceh, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano hingga Bengkulu.

Selanjutnya Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Sumba dan Saumdra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

BMKG menyebutkan sejumlah perairan di atas akan mengalami peningkatan gelombang mencapai ketinggian 2,5-4 meter. Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan adanya risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter).

Gelombang tinggi itu dipengaruhi oleh adanya siklon tropis LORNA di Samudra Hindia barat daya Bengkulu. Serta terdapat dua pola sikrkulasi di Samudra Hindia barat Kepulauan Nias dan Sulawesi. [ton/rok]

Komentar

x