Find and Follow Us

Senin, 20 Mei 2019 | 23:11 WIB

Tahapan Akhir Pemilu, Polri Kerahkan 2/3 Personel

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 26 April 2019 | 13:20 WIB
Tahapan Akhir Pemilu, Polri Kerahkan 2/3 Personel
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tahapan akhir gelaran Pemilu 2019 akan berpusat di Jakarta. KPU selaku penyelenggara Pemilu akan mengumumkan hasil real count pada 22 Mei 2019. Polri pun sudah mengantisipasi segala kemungkinan termasuk mengerahkan 2/3 anggota.

"Untuk konsentrasi pengumuman tahap akhir Pemilu 2019 kan semuanya ada di Jakarta. Jadi untuk kekuatan di wilayah itu hanya 1/3, karena dia (di daerah) hanya fokus mengamankan surat-surat suara yang ada di PPK, kabupaten. Dan hanya mengamankan pelantikan DPRD tingkat l dan ll. Kalau di tingkat nasional kan ada pilpres, legislatif dan lainnya dan prosesnya cukup panjang sampai Oktober nanti," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dedi mengatakan penguatan personel di Jakarta memang tidak dipungkiri. Hal itu dengan ditambahkan pasukan Brimob di daerah yang di BKO (Perbantuan) untuk memback pengamanan tahapan akhir Pemilu 2019 yang berpusat di Jakarta.

"Memang benar ada Brimob Nusantara yang dikerahkan ke Jakarta. Karena nanti kan pusat tahapan akhir Pemilu di Jakarta, jadi ini bentuk antisipasi dengan penebalan-penebalan kekuatan," ucapnya.

KPU akan mengumumkan hasil penghitungan manual Pemilu pada 22 Mei 2019. Nantinya, tahapan Pemilu juga masih akan berlangsung sampai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober 2019. Bagi pihak yang merasa tidak puas dengan hasil Pemilu, maka bisa mengajukan gugatan ke Bawaslu atau yang paling akhir melalui Mahkamah Konstitusi (MK). [rok]

Komentar

x