Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:42 WIB

KPU Akui Entri Data Tak Sesuai Target

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 26 April 2019 | 11:29 WIB
KPU Akui Entri Data Tak Sesuai Target
(Foto: inilahcom/Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan alasan belum siapnya dilakukan rekapitulasi suara pemilu 2019 di tingkat nasional kemarin, Kamis (25/4/2019).

Sebagaimana diberitakan, KPU menunda proses rekapitulasi suara pada tingkatan nasional pemilu 2019. Adapun berdasarkan jadwal yang disampaikan KPU sebelumnya, rekapitulasi suara tingkat nasional akan dilakukan pada 25 April hingga 22 Mei nanti.

Pengumuman final dari hasil penghitungan suara keseluruhan akan disampaikan KPU pada 25 Mei mendatang

Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik mengakui adanya proses entri data hasil pemilu ke dalam Situng tidak berjalan sesuai dengan target.

Ia mengatakan, seharusnya entri data Situng ditargetkan rampung kurang dari seminggu, yakni lima hari. Namun, target itu tak terpenuhi.

Hal inilah yang juga menyebabkan proses rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang ini molor dari jadwal yang telah ditentukan.

"Sampai sekarang baru 34 persen data C1. Kami inginnya selesai lima hari, tapi ada persoalan entri data yang tidak mudah," kata Evi di kantornya, akarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Ia menambahkan, proses entri data ini memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang cukup untuk menghindari adanya kesalahan input.

"Data ini lalu dibawa ke tingkat kabupaten/kota. Mereka membaca satu-satu, menuliskan, menuangkan kembali kembali entri data. Makanya, ada human error terjadi," tandasnya. [rok]

Komentar

x