Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 19:23 WIB

Gambar Jokowi-Ma'ruf Diubah Pakai Jas di Banglades

Jumat, 26 April 2019 | 08:19 WIB
Gambar Jokowi-Ma'ruf Diubah Pakai Jas di Banglades
(Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Laporan pengaduan warganegara Indonesia yang melakukan pencoblosan di sejumlah negara cukup beragam. Salah satunya di negara Bangladesh, ada laporan jika gambar foto paslon 01 Jokowi-Maruf Amin diubah yang tadinya mengenakan pakaian serba putih menjadi berjas.

"Bangladesh ini agak unik, ada satu kami dapatkan informasi keterangan, spesimen gambar surat suara itu dirubah fotonya, yang tadinya Pak Jokowi memakai baju putih itu diubah menjadi pakai jas," ujar Direktur Advokasi dan Hukum TKN Jokowi-Maruf Amin, Ade Irfan Pulungan di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Selain adanya perubahan gambar paslon di surat suara, pengaduan lain yang cukup menyita publik yakni pencoblosan di Australia. Warga negara Indonesia tidak bisa menggunakan hak suaranya lantaran dari pihak PPLN Sydney menutup waktu pencoblosan.

"Di Ausie paling banyak Sydney. Jenis pengaduan yang terbanyak yang kami dapatkan dari pengaduan adanya dugaan oknum PPLN dan saksi 02 yang membuat warga negara yang tidak dapat yang tidak mendapatkan haknya," imbuhnya.

Selain itu di Hongkong dan Korea Selatan juga mengalami hal yang sama seperti di Australia. Sejumlah WNI tak bisa menggunakan suaranya hingga berujung kericuhan.

"Hongkong juga hampir sama Korea Selatan banyak juga, Jerman, Taiwan, Bangladesh, Arab Saudi," pungkasnya. [rok]

Komentar

x