Find and Follow Us

Kamis, 22 Agustus 2019 | 23:48 WIB

KPU Siapkan Santunan Rp36 Juta untuk KPPS Wafat

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 25 April 2019 | 14:15 WIB
KPU Siapkan Santunan Rp36 Juta untuk KPPS Wafat
Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman Hakim - (Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menastikan Kementerian Keuangan telah menyetujui pemberian santunan untuk petugas pemilu yang sakit dan meninggal dunia.

Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman Hakim memastikan pembayaran santunan bagi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal sedang disusun anggarannya.

"Kami sedang merevisi optimalisasi anggaran. Sudah disetujui Kemenkeu," ujarnya di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Ia menambahkan, target pemberian santunan untuk petugas KPPS yang meninggal dan sakit bisa dilakukan selama sepuluh hari ke depan.

Saat ini, lanjutnya, KPU masih menunggu persetujuan jumlah nominal santunan dari Kementerian Keuangan yang sedianya bakal dikeluarkan pekan ini.

"Kami akan keluarkan petunjuk teknisnya minggu depan. Kemenkeu akan mengeluarkan standar biaya masukan lainnya," jelasnya.

Adapun besar santunan untuk petugas KPPS yang wafat senilai Rp 36 juta dan untuk petugas KPPS yang sakit kisarannya Rp 16 hingga 30 juta.

"Nanti akan dilihat tergantung. Usulan kami untuk yang meninggal dunia santunannya Rp36 juta," tandasnya.

Diketahui, jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia sepanjang pemilu kali ini mencapai 119 orang, sementara yang sakit 548 orang.

Penyebab petugas KPPS yang meninggal dunia diketahui dikarenakan kelelahan hingga kecelakaan usai menjalankan tugasnya saat pemilu lalu. [rok]

Komentar

x