Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 06:47 WIB

Ratna Sarumpaet

Ahli: Keonaran Bisa Muncul Dari Mana Saja

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 25 April 2019 | 13:16 WIB
Ahli: Keonaran Bisa Muncul Dari Mana Saja
Ratna Sarumpaet - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ahli bahasa Dr Wahyu Wibowo yang bersaksi dalam sidang lanjutan hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet berpendapat bahwa keonaran bisa muncul dari mana saja, termasuk dari dunia maya atau media sosial.

"Ya (keonaran) medsos kan wakil dari lisan," kata Wahyu saat memberikan pendapat sebagai ahli dalam sidang lanjutan hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet di PN Jaksel, Kamis (25/4/2019).

Wahyu mengatakan media sosial menjadi representasi dunia nyata. Sebab, ketika perang kata-kata dimunculkan di media sosial maka di dunia nyata juga bisa terjadi.

"Bisa, dilihat perang kata-kata yang tajam di situ yang setuju dan tidak setuju. Misal ada persoalan ada yang memberi komen setuju dan komen tidak setuju," ujar Wahyu.

"Beda pendapat bentuk keonaran?" tanya pengacara Ratna.

"Iya, karena tidak ada ujungnya. Itu adalah ciri ciri dari media sosial. Muncul lagi muncul lagi," jawab Wahyu.

Wahyu juga memaparkan media sosial menjadi alat untuk menyebarkan berita apapun termasuk berita kebohongan. Sebab, media sosial berbeda dengan media konvensional yang mempunyai kode etik.

Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Ratna Sarumpaet didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE. [rok]

Komentar

x