Find and Follow Us

Senin, 24 Juni 2019 | 22:00 WIB

KPU: Mikir Kalau Mau Bilang Curang

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 25 April 2019 | 09:53 WIB
KPU: Mikir Kalau Mau Bilang Curang
Komisioner KPU Viryan Aziz - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaiki kesalahan entri data Pilpres 2019 di dalam sistem hitung (Situng).

Hingga kini, ada 105 kesalahan entri data pilpres. Data yang baru diperbaiki oleh KPU hingga saat ini sebanyak 64 data.

Komisioner KPU Viryan Aziz berterima kasih kepada publik yang telah ikut teliti memeriksa kesalahan entri data scan C1 pilpres yang ditampilkan di dalam Situng.

Ia menegaskan, tidak ada kecurangan yang dilakukan KPU selama proses entri data. Nilai angka suara yang diketahui berbeda ada pada jumlah yang tertera dalam data Situng, sehingga publik dapat mencocokannya dengan scan form C1.

"Ini di C1 nggak diubah. Mikir, kalau yang mau bilang curang. Makanya, bisa dipantau juga Situng dan dicocokan data yang ada di scan C1," kata Viryan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2019).

Dengan demikian, ia kembali memastikan bahwa kesalahan entri data ini disebabkan oleh faktor human eror. KPU, lanjutnya, pun mengharapkan partisipasi publik untuk terus mengawal penghitungan suara.

"Jika menemukan ketidakcocokan, publik bisa melaporkannya ke KPU dan akan dilakukan perbaikan terhadap data yang keliru tersebut," tandasnya. [rok]

Komentar

x