Find and Follow Us

Senin, 24 Juni 2019 | 21:56 WIB

199 Petugas Pemilu Wafat, Ketua KPU Didesak Mundur

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 24 April 2019 | 22:34 WIB
199 Petugas Pemilu Wafat, Ketua KPU Didesak Mundur
Ketua KPU Arief Budiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Warganet mendesak Ketua KPU Arief Budiman agar mundur dari jabatannya menyusul banyaknya petugas pemilu yang wafat usai pelaksanaan pemilu 2019.

Desakan ini digaungkan warganet melalui tagar #199FatalityKetuaKPUMundur, Rabu (24/4/2019). Tagar ini pun masuk jajaran sepuluh besar trending topic tanah air.

Warganet menilai banyaknya petugas pemilu yang meninggal dunia lantaran adanya kelalaian KPU yang tak memperhitungkan resiko pelaksanaan pemilu serentak kemarin.

119 petugas pemilu yang wafat sepanjang pemilu kemarin ini pun dibenarkan oleh KPU melalui komisionernya. Tak hanya itu, ada ratusan petugas pemilu yang sakit akibat kelelahan.

"119 orang meninggal dunia tersebar di 25 provinsi. 548 orang sakit. Jadi total yang wafat dan sakit ada 667 orang. Petugas yang meninggal dunia bertambah 28 orang," kata Komisioner KPU Viryan Aziz kemarin.

Akun Twitter @KingPurwa merupakan salah satu netizen yang ikut menyerukan desakan ini dengan memasukkan tagar tersebut ke dalam kicauannya.

"Ini bukan masalah sikap menghargai atau tidaknya atas kinerja KPU, tapi ini menyoroti adanya unsur mismanagement, kelalaian, tidak menghitung semua risk assessment dari semua kondisi yang memungkinkan #119FatalityKetuaKPUMundur," cuitnya.

Tagar ini terpantau menempati posisi ketiga dari daftar sepuluh besar trending topic Twitter di Indonesia dengan berisi sekitar 22.800 cuitan warganet. [adc]

Komentar

x