Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 04:49 WIB

Tersangka KPK

Segini Harta Dirut PLN Sofyan Basir

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 24 April 2019 | 09:38 WIB
Segini Harta Dirut PLN Sofyan Basir
Direktur Utama PLN Sofyan Basir - (Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PLN Sofyan Basir resmi menyandang status tersangka di KPK. Sofyan jadi tersangka dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1.

Sofyan diduga bersama-sama atau membantu mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar Eni Maulani Saragih dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham menerima suap dari pemegang saham Blackgold Natural Resources.

Pemberian uang tersebut, ditenggarai bermuara pada kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-l. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya fakta-fakta persidangan yang muncul dari terpidana lainnya.

Berdasarkan data dari acch.kpk.go.id, Sofyan Basir tercatat melaporkan harta kekayaannya pada 31 Juli 2018. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tersebut, Sofyan memiliki kekayaan mencapai Rp119 miliar.

Sofyan tercatat memiliki 16 bidang tanah dan bangunan di sejumlah wilayah seperti Jakarta Pusat, Tangerang Selatan, dan Bogor yang mencapai total Rp 37.166.351.231.

Harta bergerak yang dilaporkan Sofyan senilai total Rp 6,3 miliar. Jumlah total harta bergerak tersebut berupa 5 jenis mobil, dari Toyota Avanza, Toyota Alphard, Honda Civic, BMW tahun 2016, serta Land Rover Range Rover tahun 2014.

Mantan Direktur Utama Bank BRI ini juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 10,2 miliar, surat berharga Rp 10,3 miliar, serta kas dan setara kas Rp 55,8 miliar. [rok]

Komentar

x