Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 06:46 WIB

KPK Tolak Disebut Takut Periksa Mendag Enggar

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 24 April 2019 | 09:32 WIB
KPK Tolak Disebut Takut Periksa Mendag Enggar
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menimbang untuk memeriksa Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita dalam kasus Bowo Sidik Pangarso.

KPK menolak jika dianggap takut untuk memeriksa sang menteri dalam kasus yang terkait distribusi PT Humpuss dan PT Pupuk Indonesia tersebut.

"Penegakan hukum bukan soal takut tidak takut. Ini bukan soal takut atau berani ini soal bagaimana kita bisa mengumpulkan bukti baru kita bicara taktis strategi efisiensi dan seterusnya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada wartawan, Selasa (23/4/2019) malam.

Selain pertimbangan informasi dan bukti-bukti, KPK juga harus mempertimbangkan sumber daya yang ada di KPK.

"Coba bayangkan setiap kasus kita harus menerapkan kalau kasusnya gede jaksanya harus empat sampai lima. ini alokasi human resource masalah juga," ungkapnya.

KPK berjanji akan menelusuri seiap uang yang didapat Bowo dari hasil korupsi. Hingga saat ini, KPK masih fokus untuk menyelesaikan berkas perkara Bowo dan dua tersangka lainnya yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) beberapa waktu lalu.

Nama Mendag Engartiasto Lukita mencuat dalam kasus Bowo setelah disebut sebagai pihak yang turut menyuap Bowo Rp2 miliar. [rok]

Komentar

x