Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 23:29 WIB

Data Kompleks Alasan Situng KPU Salah Entri

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 22 April 2019 | 15:00 WIB
Data Kompleks Alasan Situng KPU Salah Entri
Komisioner KPU Viryan Aziz - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - KPU menyatakan membuka diri terhadap kritik publik pasca diketahui terjadi kesalahan input data pemilu 2019 di dalam sistem informasi pengitungan (Situng) baru-baru ini.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan, dengan adanya kesalahan kemarin justru menunjukkan sikap transparansi lembaganya yang secara terbuka bisa dipantau dan ditegur oleh publik.

"Kalau misalnya itu teman-teman kami di bawah mau melakukan kecurangan ya, scan C1-nya diubah. Ini kan, tidak karena scan C1-nya tetap," ujar Viryan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Ia mengakui adanya kekeliruan dalam entri dalam Situng KPU yang disebabkan oleh faktor kompleksitas data yang perlu dimasukkan ke dalam sistem.

"Justru kekeliruan itu diketahui karena KPU transparan dan tidak mudah memantau 810 ribu hasil pemilu di TPS. KPU mempersilakan publik mengkritisi, makanya kita buka layanan buat call center," ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, belakangan viral berbagai video yang menunjukkan adanya kesalahan entri data yang ada pada situs resmi KPU di media sosial.

Dalam video, terlihat adanya perbedaan jumlah perolehan suara kedua pasangan capres dan cawapres antara data yang diunggah KPU dengan data pleno C1 di beberapa TPS tanah air.

Komentar

x