Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 06:43 WIB

Partai Pendukung Jokowi di Jawa Tengah Mendominasi

NasDem Perkuat Dominasi Pendukung Jokowi Di Jateng

Sabtu, 20 April 2019 | 17:01 WIB
NasDem Perkuat Dominasi Pendukung Jokowi Di Jateng
Direktur Riset Charta Politika, Muslimin - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Koalisi partai politik pendukung Joko Widodo (Jokowi) mendominasi di Jawa Tengah pada pemilu serentak 2019, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai NasDem. Bahkan, daerah pemilihan Jawa Tengah V suara NasDem berada di posisi ketiga setelah PDI Perjuangan dan Golkar.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin mengatakan di Jawa Tengah V meliputi Solo, Sukoharjo, Boyolali dan Klaten posisi pertama masih PDI Perjuangan dengan suara 40,02 persen. Kemudian, Golkar suaranya sebesar 11,74 persen.

"Urutan ketiga sebesar 10,94 persen," kata Muslimin di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Berdasarkan simulasi saintenlague di daerah pemilihan Jawa Tengah V, Muslimin mengatakan pihaknya mengambil 200 sampel TPS. Menurut dia, proses sampling dilakukan secara acak dengan metode stratified cluster sampling, margin of error (+/-) 1 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen.

"Jokowi-Maruf Amin juga unggul di Solo yang dengan presentase sebesar 81,05 persen. Sedangkan, pasangan nomor urut 02 hanya mendapatkan suara sebesar 19,95 persen," ujarnya.

Sementara, Muslimin mengatakan perolehan kursi calon legislatif bahwa PDI Perjuangan hampir dipastikan mendapat jatah 4 kursi dan Golkar memperoleh 1 kursi. Sedangkan, NasDem mendapat 1 kursi.

"Jadi Jateng V ini memang istimewa, kita tahu ini daerah kelahirannya Jokowi salah satu kandidat Presiden RI. Hasil survei kami juga menunjukkan di wilayah ini partai pendukung Jokowi sangat dominan. Untuk menghindari euforia berlebihan, rilis wilayah Jateng V kami keluarkan hanya setelah data masuk 100," jelas dia.

Sementara Ketua Komisi Saksi Partai NasDem, I Gusti Putu Artha mengatakan untuk Dapil Jawa Tengah V hasil yang diperoleh partai besutan Surya Paloh tidak lepas dari kepandaian calon legislatif mengakul tokoh berpengaruh.

"Ini tidak lepas dari merangkul tokoh-tokoh berpengaruh yang punya massa. Kunci rahasianya banyak tokoh berpengaruh juga di Jateng," katanya.

Selain itu, Putu mengapresiasi pemilih karena berdasarkan hasil perolehan suara NasDem secara nasional yang menurut hitung cepat sejumlah lembaga survei bahwa suara NasDem diketahui mendapat sekitar 8-9 persen suara.

"Di tengah ketidakpercayaan pemilih terhadap parpol, pemilih sudah melihat ada partai usia muda tapi punya rekam jejak yang baik dengan slogan dan antimahar di pilkada dan pencalonan. Mungkin itu yang membuat pemilih menjatuhkan pilihan ke NasDem," katanya. [rza/rok]

Komentar

x