Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 01:01 WIB

Mahfud Yakin Akan Banyak Gugatan di Pemilu 2019

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 15 April 2019 | 22:05 WIB
Mahfud Yakin Akan Banyak Gugatan di Pemilu 2019
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD meyakini akan ada gugatan dari sejumlah pihak di pemilu 2019, termasuk pasangan capres dan cawapres yang nantinya kalah.

Adapun menurutnya yang akan menjadi pihak tergugat di MK adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pileg dan pilpres yang kali pertama digelar, bukan paslon yang menang.

Gugatan yang akan disampaikan pihak yang kalah di pemilu, katanya, ialah soal klaim mereka yang merasa dicurangi dalam pelaksanaan pemilu 2019.

"Nanti akan menjadi tergugat di Mahkamah Konstitusi itu adalah KPU, bukan paslon. Paslon dan legislatif nggak bisa digugat," ujar Mahfud di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Untuk itu, pria yang juga menjabat anggota dewan pengarah BPIP ini mengharapkan profesionalisme KPU saat menghadapi gugatan di MK.

Bila nantinya KPU malah kalah gugatan, lanjutnya, maka menunjukkan adanya tidak profesionalnya lembaga pimpinan Arief Budiman ini dalam menghadapi pemilu 2019.

"Jadi yang digugat nanti KPU. Pihak yang menggugat itu paslon (capres dan cawapres kalah) dan calon anggota legislatif. KPU harus benar-benar profesional menjaga semua dokumen dan prosedur dari sekarang," tuturnya. [adc]

Komentar

x