Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 11:46 WIB

KPU Ingatkan Wajib Liburkan Pekerja Saat Pemilu

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 15 April 2019 | 19:27 WIB
KPU Ingatkan Wajib Liburkan Pekerja Saat Pemilu
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan bahwa pada pelaksanaan pemilu 2019 pada 17 April nanti seluruh perusahaan wajib meliburkan pegawainya.

Hal ini menyusul ditetapkannya pemilu 2019 sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. Untuk itu, KPU menegaskan tidak ada alasan bagi para pekerja untuk tak menggunakan hak pilihnya.

"Negara ingin memastikan setiap pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik," ujar Komisioner KPU Viryan Aziz di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Ia menambahkan, ancaman sanksi pidana bisa diterapkan bagi pengusaha yang tak memberikan libur kepada seluruh pegawainya saat pemilu berlangsung.

Tak hanya itu, KPU mengimbau hari libur saat pemilu diharapkan dapat dimanfaatkan para pekerja bukan untuk bersantai di rumah atau berlibur, sehingga mengabaikan diri untuk mencoblos.

"Bisa kena sanksi pidana (perusahaan yang tidak meliburkan pegawai saat pemilu). Nggak boleh menghalangi hak pilih orang lain. Jadi hari libur untuk memilih, bukan liburan," ujarnya. [adc]

Komentar

x