Find and Follow Us

Rabu, 21 Agustus 2019 | 15:27 WIB

KPK Tanggapi 'Nyanyian' Bowo Soal Nusron Wahid

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 10 April 2019 | 16:32 WIB
KPK Tanggapi 'Nyanyian' Bowo Soal Nusron Wahid
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mau tergesa-gesa dalam menindaklajuti pengakuan tersangka Bowo Sidik Pangarso soal Nusron Wahid.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, mengatakan pihaknya tak dapat mengusut suatu perkara hanya dari pengakuan saja, apalagi penyidikan kasus tersebut masih berjalan.

"KPK tidak memerlukan pengakuan saja dalam membuktikan sebuah peristiwa Tipikor. Itu sebabnya pengakuan memerlukan pembuktian, di mana proses itu masih berlangsung di penyidikan saat ini," kata Saut dikonfirmasi awak media, Rabu (10/4/2019).

Saut menegaskan, KPK akan bekerja sesuai alat bukti. Tak hanya sekedar pengakuan. Selain itu, Saut juga meminta kasus yang ditangani KPK tidak dibawa-bawa ke ranah politik.

"KPK hanya akan masuk pada isu yang relevan dengan wewenang atau kompetensinya, di mana itu juga sudah diatur oleh KUHAP. Jadi kita tunggu saja seperti apa penyidik mengembangkan hal itu," kata Saut.

Kemarin, Bowo kepada awak media mengaku diperintahkan Nusron Wahid yang merupakan koleganya di partai Golkar untuk menyiapkan uang yang ditaruh di 400 ribu amplop. Uang itu diduga berasal dari sejumlah pihak yang diduga KPK penerimaannya tidak sah. Kepada penyidik, Bowo juga mengaku uang itu hendak digunakan untuk serangan fajar di Pemilu 2019.

Tidak hanya Bowo, diungkapkan Pengacara Bowo, Saut Edward Rajaguguk bahwa berdasar pengakuan kliennya, Nusron Wahid juga menyiapkan sekitar 600 ribu amplop berisi uang untuk kepentingan sama dengan Bowo. [ton]

Komentar

x