Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:34 WIB

Terdampak Banjir

Bamsoet Minta Pemerintah Bangun Lagi Rumah di NTB

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 5 April 2019 | 19:05 WIB
Bamsoet Minta Pemerintah Bangun Lagi Rumah di NTB
Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah segera membangun kembali rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Pemda untuk segera melakukan upaya jangka panjang dengan membangun kembali rumah-rumah warga terdampak banjir bandang maupun bangunan lainnya," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Tujuannya, kata Bamsoet, untuk menata dan memulihkan kembali kehidupan para korban terdampak mengingat banyak kerugian akibat banjir bandang di Dompu meliputi 700 unit rumah terdampak.

"Tujuh unit rumah rusak berat dan satu rumah panggung hanyut," ujarnya.

Di samping itu, Bamsoet mendorong Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) bersama Pemerintah Daerah untuk melakukan evaluasi dan kajian terkait penanganan banjir yang masuk dalam rencana kerja pemerintah 2020.

"Yakni melakukan mitigasi struktural, pembuatan tanggul, normalisasi sungai, serta rehabilitasi hutan dan lahan, mengingat urgensi dari rencana kerja pemerintah tersebut penting untuk segera dilaksanakan," jelas dia.

Kemudian, Bamsoet mengimbau masyarakat Dompu untuk menjaga lingkungan terutama sekitar sungai dengan tidak bermukim di bantaran sungai agar sungai dapat kembali sebagaimana fungsinya.

"Karena kondisi masyarakat setempat masih banyak yang tinggal di bantaran sungai," tandasnya. [adc]

Komentar

x