Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 04:44 WIB

DPR Mau KPU Tingkatkan Koordinasi Logistik Pemilu

Oleh : Aris Danu | Selasa, 2 April 2019 | 18:13 WIB
DPR Mau KPU Tingkatkan Koordinasi Logistik Pemilu
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo angkat bicara masih adanya beberapa masalah mengenai logistik pemilu 2019.

Masalah itu antara lain seperti masih adanya surat suara yang rusak di beberapa daerah. Seperti Kabupaten Nagekeo, NTT sebanyak 33.898 surat suara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kabupaten Lebong, Bengkulu sebanyak 2.362 dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sebanyak 3.106 surat suara).

Selain itu, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mendengar adanya persoalan belum terdistribusikannya logistik pemilu, seperti di Provinsi Bangka Belitung.

Permasalahan ini terjadi disebabkan faktor cuaca dan jarak tempuh yang jauh, serta masih ada 1,78 persen atau sekitar 3,42 juta penduduk Indonesia yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Sementara Pemilu 2019 akan dilaksanakan sekitar 15 hari lagi, Ketua DPR. Untuk itu, kami mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama KPU Daerah (KPUD) setempat untuk segera berkordinasi mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut," jelasnya, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Hal ini menurutnya perlu agar seluruh warga Indonesia dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu mendatang serta untuk segera memenuhi kebutuhan-kebutuhan logistik Pemilu 2019 di seluruh daerah di Indonesia.

"Tentunya agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar. Kami juga mendorong Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil dan Disdukcapil untuk melakukan perekaman dengan menjemput bola ke rumah-rumah penduduk," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihak-pihak tersebut juga perlu memberikan pelayanan perekaman saat hari libur, sehingga mampu mengejar target 100 persen penduduk Indonesia memiliki e-KTP sebelum Pemilu.

"Selain itu, penting juga mendorong Kemendagri melalui Pemerintah Daerah (Pemda) mengimbau aparat desa beserta RT/RW untuk berperan aktif dalam mengajak masyarakat setempat melakukan perekaman e-KTP guna melengkapi administrasi dan data kependudukannya, serta memberikan kemudahan akses kepada masyarakat yang akan melakukan perekaman e-KTP," ujarnya. [adc]

Komentar

x