Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 20:52 WIB

Bamsoet Dorong Kemendagri Perbaiki Kinerja

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 2 April 2019 | 16:26 WIB
Bamsoet Dorong Kemendagri Perbaiki Kinerja
Ketua DPR Bambang Soesatyo - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan optimalisasi kinerja dalam memperbaiki sistem ataupun sarana dan prasarana perekaman KTP elektronik (e-KTP).

Bamsoet menegaskan, hal ini perlu agar perekaman e-KTP seluruh wilayah Indonesia dapat berjalan sesuai target. Ia mengaku gerah dengan persoalan e-KTP yang ramai menjelang pemilu 2019.

"Kami mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terhadap Pasal 348 ayat (9) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang menyatakan bahwa masyarakat masih bisa menggunakan KTP sebelumnya (non-elektronik) ataupun surat keterangan (suket) perekaman KTP elektronik dalam Pemilu 2019," ujar Bamsoet, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Ia menambahkan, putusan ini diharapkan dapat diimplementasikan serta disosialisasikan agar bisa dipahami oleh pemilih dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kami juga mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia yang belum memiliki e-KTP untuk segera melakukan perekaman e-KTP agar hak-hak kependudukan maupun administratif data kependudukan tidak terganggu, serta agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu," tandasnya. [rok]

Komentar

x