Find and Follow Us

Senin, 24 Juni 2019 | 21:23 WIB

Bamsoet Minta Bawaslu Cek Dugaan Calo Suara

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 1 April 2019 | 14:05 WIB
Bamsoet Minta Bawaslu Cek Dugaan Calo Suara
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta KPU dan Bawaslu melakukan pengecekan adanya potensi dagang suara di luar negeri seperti yang disampaikan oleh komunitas Foreign Policy Community of Indonesia.

"Mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk melakukan pengecekan terhadap adanya dugaan calo suara di luar negeri, serta menindak tegas jika terbukti ada pihak-pihak yang melakukan pelanggaran," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Bawaslu meminta Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) melakukan pengawasan secara intensif guna mencegah kecurangan.

"Caranya dengan meningkatkan integritas petugas, pengawas, maupun saksi partai untuk mencegah terjadinya kecurangan suara dari pemilih luar negeri serta meningkatkan pengawasan distribusi surat suara menjelang Pemilu 2019," ujarnya.

Kemudian, Bamsoet juga mengingatkan masyarakat terutama Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri untuk berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui adanya potensi kecurangan surat suara di luar negeri. [rok]

Komentar

x