Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 10:55 WIB

Sidang Tertutup, Pendukung Habib Bahar Protes

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 28 Maret 2019 | 15:17 WIB
Sidang Tertutup, Pendukung Habib Bahar Protes
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemeriksaan saksi korban kasus dugaan penganiayaan anak Habib Bahar bin Smith yang berlangsung tertutup membuat hadirin di ruang sidang protes.

Hadirin yang dominan merupakan pendukung Habib Bahar mengaku kecewa dengan keputusan majelis hakim karena mereka ingin tahu jalannya proses pemeriksaan.

Sejunlah ibu-ibu yang merupakan pendukung Bahar, menyatakan protes saat Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad meminta mereka keluar dari ruang sidang.

"Katanya sidangnya terbuka, kami tetap mau di sini," ujar salah seorang ibu pendukung Habib Bahar di Gedung Arsip dan Perpustakaan, Jalan Seram, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Meski ibu-ibu pendukung Habib Bahar bersikeras bertahan di ruang sidang untuk mengamati jalannya pemeriksaan MKUAM yang didampingi orangtuanya sebagai saksi, namun mereka tetap dipaksa keluar.

Aparat kepolisian yang menjaga jalannya sidang membujuk mereka hingga akhirnya bersedia keluar dari ruang sidang. Pewarta yang meliput juga diminta keluar.

Diketahui, sidang kali ini,jaksa menghadirkan empat orang saksi untuk diperiksa. Dua saksi merupakan korban yang berinisial CAJ dan MKUAM. Sementara, dua saksi lainnya adalah orangtua mereka.

Pada persidangan sebelumnya, Majelis Hakim memimpin sidang yang beragendakan putusan sela. Hakim menolak eksepsi yang diajukan pihak Kuasa Hukum Terdakwa.

Usai eksepsinya ditolak, kuasa hukum terdakwa langsung mengajukan banding atas putusan sela dari Majelis Hakim.

Dalam perkara ini, Habib Bahar terancam jeratan hukuman Pasal 170 ayat (2), Pasal 351 ayat (2), Pasal 333 ayat (2) dan Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. [rok]

Komentar

x