Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 10:19 WIB

Hujan Es Landa Aceh Tengah

Rabu, 27 Maret 2019 | 09:28 WIB
Hujan Es Landa Aceh Tengah
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Hujan es melanda wilayah Ujung Gele dan Pepalang, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Selain hujan es, wilayah tersebut juga diterjang angin kencang secara bersamaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan sebanyak delapan rumah rusak di bagian atap karena tertimpa pohon dan terbang terbawa angin.

"Akibat dari dua peristiwa yang terjadi secara bersamaan, delapan rumah rusak karena terpaan angin kencang," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh menyebutkan, hujan es disertai angin kencang yang cenderung puting beliung adalah salah satu fenomena hidrometeorologi.

"Terjadinya hujan es, tidak terlepas dari awan Cumulonimbus," kata Kepada Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad.

Menurut dia, hujan es yang terjadi turun berbentuk kristal berukuran seperti batu-batu kecil. Hujan tumbuh di dalam awan Comulonimbus, lalu memiliki dasar awan sangat rendah, dan terakhir bila di bawah permukaan awan, maka memiliki suhu sangat dingin.

"Bila tiga syarat tersebut sudah terpenuhi, maka besar kemungkinan akan turun hujan berbentuk butiran es," jelasnya. [ton]

Komentar

x