Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 21:43 WIB

KPK Pegang Bukti Kuat Keterlibatan Rommy

Oleh : Ivan Sethyadi | Selasa, 26 Maret 2019 | 13:35 WIB
KPK Pegang Bukti Kuat Keterlibatan Rommy
Jubir KPK Febri Diansyah - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan memiliki bukti kuat keterlibatan mantan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) dalam menentukan jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

"Dalam proses penyidikan ini kami sudah menemukan bukti bahwa ada dugaan pembicaraan dan aliran dana terhadap RMY (Romahurmuziy) yang terkait dengan pengisian jabatan," kata Jubir KPK Febri Diansyah kepada wartawan.

Febri enggan mengungkap lebih rinci mengenai bukti tersebut lantaran merupakan materi penyidikan. Yang pasti, tim penyidik bakal mendalami dan menelusuri mengenai pertemuan atau komunikasi antara para pihak terkait mengenai pengisian jabatan atau aliran dana.

"Semua pertemuan-pertemuan tersangka atau komunikasi-komunikasi tersangka terkait dengan katakanlah pengisian jabatan atau pembicaraan tentang pengisian jabatan atau aliran dana itu pasti akan kami telusuri satu per satu dari para saksi yang ada," katanya.

KPK menetapkan tiga tersangka dalam operasi tangkap tangan di Surabaya, Jumat. Dalam operasi tersebut, selain Rommy, ada mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin (HRS), dan mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq (MFQ) sebagai tersangka.

KPK menduga ada transaksi yang dilakukan oleh HRS dan MFQ kepada RMY. Transaksi tersebut diduga terkait seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Diduga, HRS sebelumnya telah menyerahkan uang sebesar Rp 250 juta kepada RMY untuk memuluskan langkah HRS menjabat Kepala Kanwil Kemenag Jatim. Dalam penanganan perkara tersebut, KPK mengamankan uang hingga Rp 156 juta. [rok]

Komentar

x