Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 19:40 WIB

Kiai Asep Bantah Tudingan Rommy Soal Jabatan

Oleh : Ivan Setyadhi | Senin, 25 Maret 2019 | 18:11 WIB
Kiai Asep Bantah Tudingan Rommy Soal Jabatan
Kiai Asep Saifuddin Chalim

INILAHCOM, Jakarta - Kiai Asep Saifuddin Chalim selaku tokoh PPP Jawa Timur membantah pernyataan eks Ketum PPP, Romahurmiziy (Rommy) ihwal rekomendasi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Bantahan itu disampaikan Kiai Asep Saifuddin usai jalani pemeriksaan di kantor KPK, Senin (25/3/2019). Kiai Asep diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas tersangka Rommy.

"Ya jelas kalau saya berikan rekomendasi itu salah betul," kata Asep dikonfirmasi awak media.

Kendati begitu, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah itu tidak menyangkal bahwa dirinya mengenal Haris Hasanuddin. Kiai Asep mengingat Haris sebagai salah satu muridnya belajar mengaji.

"Saya tak menyangkal kalau ada Haris mengaji di tempat saya," ujarnya meski menyebut sudah lama tidak berkomunikasi dengan Haris.

Dalam kesempatan sama, Kiai Asep juga mengaku tidak ingat kapan terakhir kali berkomunikasi dengan Rommy. Karena itu, tegas dia, salah bila dirinya merekomendasi Haris untu mengisi jabatan Kakanwil Kemenag Jatim.

"Saya lama sekali enggak (komunikasi) dengan Rommy," imbuhnya.

Sebelumnya Rommy mengklaim hanya bantu sampaikan aspirasinya mengenai orang yang dianggap layak menjadi Kepala Kanwil Jawa Timur.

Rommy berdalih hanya sekedar menyampaikan aspirasi, sebab Haris Hasanuddin direkomedasikan sejumlah pihak, di antaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa dan Kiai Asep Saifuddin. Untuk itu, tegas Rommy, dirinya meneruskan aspirasi itu kepada pemilik kewenangan di Kemenag.

Pada perkara ini Rommy dijerat sebagai penerima suap dengan status anggota DPR. Sedangkan diduga sebagai pemberi yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Komentar

x