Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 10:21 WIB

Ratusan Orang Hadiri Sidang Bahar bin Smith

Oleh : Aris Danu | Kamis, 21 Maret 2019 | 12:36 WIB
Ratusan Orang Hadiri Sidang Bahar bin Smith
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ratusan orang tampak memenuhi persidangan Bahar bin Smith, terdakwa kasus penganiayaan terhadap anak dibawah umur, yang digelar pada Kamis (21/3/2019).

Sidang lanjutan ini beragendakan putusan sela atas eksepsi dan tanggapan dari Jaksa Penuntut umum.

Persidangan digelar di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Jl Ambon, Kota Bandung. Sejak sebelum persidangan dimulai, massa pendukung Bahar Smith sudah memenuhi area gedung. Mereka membawa beragam atribut dan spanduk bertuliskan dukungan.

"Takbir, Allahuakbar," teriak masa pendukung di luar Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung.

Selain teriakan takbir, masa pendukung Habib Bahar bin Smith melantunkan shalawat.

Seperti pada persidangan sebelumnya, kali ini sidang kasus Bahar kembali dijaga ketat oleh aparat kepolisian karena banyaknya massa. Aparat juga menutup akses jalan menuju gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung.

Sekedar informasi, pada sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (28/2/2019). Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Cibinong menjerat Bahar bin Smith dengan pasal berlapis.

Bahar didakwa melanggar dakwaan kesatu primer, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 333 ayat (2) KUH Pidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana. Ia juga didakwa dengan dakwaan subsidair, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 333 ayat (1) KUH Pidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUH Pidana.

Selain itu, Bahar juga didakwa dengan dakwaan kedua primair, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 170 ayat (2) ke-2 KUHPidana. Perbuatan terdakwa Bahar juga didakwa dakwaan subsidair, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHPidana.

Kemudian, JPU juga mendakwa Bahar dengan dakwaan lebih subsidair, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 351 ayat (2) KUHPidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana dan lebih subsidair lagi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 351 ayat (1) KUHPidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Yang terakhir, Bahar didakwa dakwaan ketiga sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 80 ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. [rok]

Komentar

x