Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 21:11 WIB

Suap Kalapas Sukamiskin

Fahmi, Suami Artis Inneke Divonis 3,5 Tahun Bui

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 20 Maret 2019 | 21:50 WIB
Fahmi, Suami Artis Inneke Divonis 3,5 Tahun Bui
Suami artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Suami artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah divonis 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung.

Vonis dijaruhkan terkait perkara suap yang melibatkan eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein.

"Dalam persidangan dapat dibuktikan terdakwa memberikan sesuatu pada Wahid Husein berupa mobil dan sejumlah barang lainnya," ujar Ketua Majelis Hakim Sudira saat membacakan vonis, Rabu (20/3/2019).

Fahmi terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sesuai dakwaan primer Pasal 5 ayat (1) huruf b UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Putusan tersebut lebih rendah dibanding tuntutan jaksa penuntut (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut Fahmi dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta atau subsidair 6 bulan kurungan.

Fahmi yang saat itu menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin, sengaja menyuap Wahid Husen dengan uang dan mobil. Sebagai gantinya, Fahmi diperbolehkan mengelola sebuah kamar di dalam lapas untuk disewakan. Lapas tersebut disulap dengan fasilitas wah layakknya hotel atau apartemen. Tiap napi yang ingin menikmati sel mewah itu, harus membayar sewa ke Fahmi. [adc]

Komentar

Embed Widget
x