Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 16:54 WIB

BNPB Gelontorkan Rp1,5 M untuk Bencana Sentani

Oleh : Anton Hartono | Rabu, 20 Maret 2019 | 22:46 WIB
BNPB Gelontorkan Rp1,5 M untuk Bencana Sentani
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelontorkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1,5 miliar untuk operasional penangaan darurat.

"Itu untuk operasional penanganan darurat yaitu Rp1 miliar untuk BPBD Kabupaten Jayapura, Rp250 juta untuk BPBD Kota Jayapura dan Rp250 juta untuk BPBD Provinsi Papua," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Untuk penanganan darurat itu dilakukan oleh 2.317 personel dari 28 lembaga dan organisasi, seperti evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, dapur umum, penanganan pengungsi perbaikan sara prasana darurat, dan lainnya.

Balai Besar Jalan Nasional masih melakukan pembersihan jalan protokol Sentani dengan mengerahkan 14 unit excavator dan 3 unit loader. Jalan sepanjang 600 meter pun sudah dibersihkan.

Disiapkan jembatan balley dengan bentang 30 meter, 25 meter dan 9 meter pada jembatan yang rusak. "Disiapkan jembatan balley dengan bentang 30 meter, 25 meter dan 9 meter pada jembatan yang rusak," katanya.

Sementara ini jumlah korban luka sebanyak 160 orang yang terdiri dari 85 orang mengalami luka berat dan 75 orang mengalami luka ringan. Para korban luka dirawat di sejumlah rumah sakit diantaranya RS Bhayangkara Papua, RS Yowari, Puskesmas Sentani Kota, RS Marthen Indey.

Sebelumnya, banjir bandang di Sentani menerjang 4 kelurahan di Distrik Sentani, yaitu Kelurahan Hinekombe, Dobonsolo, Sentani Kota dan Doyo Baru. Pada Sabtu malam (16/3/2019) lalu dengan membawa material lumpur, pasir, batu dan pohon. Hingga kini korban bencana masih berada di pengungsian. [ton]

Komentar

Embed Widget
x