Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 21:41 WIB

BNPB: Korban Tewas Banjir Sentani 104 Orang

Oleh : Anton Hartono | Rabu, 20 Maret 2019 | 17:47 WIB
BNPB: Korban Tewas Banjir Sentani 104 Orang
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Jumlah Korban tewas banjir bandang Sentani, Jayapura, Papua terus bertambah, hingga hari ini Rabu (20/3/2019) jumlah korban tewas mencapai 104 orang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 104 korban tewas termasuk dengan 43 korban yang tidak berhasil diidentifikasi.

"104 orang meninggal dunia, dimana 97 orang korban di Kabupaten Jayapura dan 7 orang korban di Kota Jayapura," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut dia, Bupati Kabupaten Jayapura telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari terhitung mulai 16-29 Maret 2019. Bahkan Gubernur Papua telah menetapkan tingkatan bencana tersebut menjadi bencana darurat provinsi.

Karena bencana terjadi di dua wilayah yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. "Bantuan dari pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha terus mengalir," tambahnya.

Sebelumnya 43 jenazah korban banjir Sentani, Jayapura, Papua hingga saat ini tidak bisa diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Papua.

Identifikasi korban tewas umumnya dilakukan dengan menggunakan sidik jari dan data jenazah akan muncul di data base kependudukan. Namun kemungkinan para korban belum melakukan pencatatan atau mengurus KTP elektronik sehingga tidak terdata.

Banjir bandang di Sentani menerjang 4 kelurahan di Distrik Sentani, yaitu Kelurahan Hinekombe, Dobonsolo, Sentani Kota dan Doyo Baru. Pada Sabtu malam (16/3/2019) lalu dengan membawa material lumpur, pasir, batu dan pohon. Hingga kini korban bencana masih berada di pengungsian. [adc]

Komentar

x