Find and Follow Us

Jumat, 21 Juni 2019 | 01:13 WIB

Bamsoet: Kritisi Anggota Yang Betah di Kantor

Rabu, 20 Maret 2019 | 15:15 WIB
Bamsoet: Kritisi Anggota Yang Betah di Kantor
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan ada baiknya masyarakat justru mengritisi anggota yang banyak betah di kantor daripada yang rajin turun ke daerah menemui konstituen.

Ia mengatakan itu untuk menanggapi ramainya pendapat masyarakat mengenai rapat paripurna terakhir yang sepi.

"Jadi yang harus kita kritisi adalah kalau ada anggota DPR itu lebih betah di kantor daripada mengunjungi konstituen di desa-desa, di kampung-kampung, ke daerah-daerah untuk menyerap aspirasi," katanya pembukaan kegiatan pelatihan pengisian SPT di Gedung DPR Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Ia kemudian menganalogikannya dengan kerja wartawan di kantor media. Menurut dia, seorang wartawan tidak akan mendapatkan berita jika hanya bekerja di kantor saja.

"Begitu juga kalau anggota DPR di kantor, pasti enggak dapat aspirasi rakyatnya. Darimana dia bisa menyerap aspirasi rakyatnya kalau dia tidak turun ke daerah-daerah?" ujar Bambang.

Ia menyatakan, pemilu akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi. Sebagai pejabat negara, anggota DPR harus membantu penyelenggara pemilu dan pemerintah untuk menyosialisasikan tata cara pemilu.

"Ini yang juga dilakukan anggota DPR setiap turun ke daerah-daerah," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, DPR menggelar Rapat Paripurna ke-14 masa sidang IV di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Wakil Ketua DPR Utut Adianto selaku pimpinan rapat menuturkan bahwa sebanyak 293 anggota DPR telah menandatangani daftar hadir. Sementara 243 anggota izin.

"Daftar hadir rapur hari ini telah ditandangani oleh 293 anggota, 243 anggota izin tugas ke daerah. Maka kuorum telah tercapai," ujar Utut saat membuka rapat paripurna. [*]

Komentar

x