Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 22:03 WIB

KPU Akan Rekapitulasi Hasil Pemilu Lewat Pleno

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 15 Maret 2019 | 13:44 WIB
KPU Akan Rekapitulasi Hasil Pemilu Lewat Pleno
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner KPU Wahyu Setiawan memastikan rekapitulasi hasil pemilu tidak dilakukan menggunakan sistem informasi penghitungan suara (situng).

Ia pun tak menampik adanya serangan siber terhadap sistem informasi KPU baru-baru ini. Namun, dirinya menegaskan bahwa hal ini tak akan mengganggu proses rekapitulasi penghitungan suara.

"Masyarakat perlu tahu bahwa hasil pemilu itu akan ditentukan melalui proses sesuai peraturan perundangan-undangan itu melalui rapat pleno berjenjang," ujar Wahyu, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Wahyu mengungkapkan, aturan rekapitulasi suara ditentukan melalui rapat pleno diatur dalam Undang-undang Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Antara lain Pasal 382, 393, 398, 402, dan 405. Rekapitulasi penghitungan suara pemilu dilakukan secara berjenjang dari tingkat bawah hingga ke pusat," katanya.

Adapun penghitungan suara, lanjutnya, dimulai dari tingkat TPS oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)" imbuhnya.

Rekapitulasi hasil pemilu lalu dilanjutkan prosesnya oleh KPU di tingkat kabupaten/kota, kemudian rekapitulasi di tingkat provinsi oleh KPU provinsi.

"Terakhir, rekapitulasi dilakukan di tingkat nasional oleh KPU RI. Hasilnya penghitungan suara diumumkan melalui situng," pungkas Wahyu. [rok]

Komentar

x