Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Maret 2019 | 03:02 WIB

KPU Pastikan Jaga Keamanan Sistem dari Hacker

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 15 Maret 2019 | 12:59 WIB

Berita Terkait

KPU Pastikan Jaga Keamanan Sistem dari Hacker
Ketua KPU Arief Budiman - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan terus berupaya menjaga keamanan sistem informasinya dari serangan siber.

Hal ini menyusul adanya kabar peretasan siber yang terjadi pada sistem informasi lembaga pemilihan umum nasional tersebut baru-baru ini.

Ketua KPU Arief Budiman membenarkan adanya peretasan situs KPU. Ia mengatakan, peretas menggunakan Alamat IP dari berbagai negara termasuk China dan Rusia.

"Hacker itu menggunakan IP Address dari mana aja. Ada IP Address dari banyak negara. Jadi bukan hanya China dan Rusia," kata Arief, Jumat (15/3/2019).

Ia menyebut, besar kemungkinan pihak yang meretas situs sistem informasi KPU adalah peretas asal Indonesia, meski menggunakan Alamat IP dari luar negeri.

"Bisa saja IP Address-nya dari luar negeri. Tapi pelakunya ya orang-orang kita juga. Orang Indonesia juga. Tapi bisa juga menggunakan IP Adress Indonesia tapi orangnya dari luar," ungkapnya.

Ia menambahkan, KPU akan terus bekerja sama dengan aparat dan pihak-pihak yang berwenang menangani masalah peretasan di dunia siber ini.

"Kami akan koordinasi dengan sejumlah pihak seperti Badan Intelijen Negara, Polri juga Badan Sandi dan Siber Negara," tandasnya. [rok]

Komentar

x