Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Maret 2019 | 02:59 WIB

Abu Hamzah Perakit Bom Handal, 6 Tahun Terlatih

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 14 Maret 2019 | 14:22 WIB

Berita Terkait

Abu Hamzah Perakit Bom Handal, 6 Tahun Terlatih
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Polri mengatakan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah yang ditangkap di Sibolga, Sumatera Utara, perakit bom yang handal. Abu Hamzah disebut telah menekuni merakit bom sejak 6 tahun terakhir.

"Selama 6 tahun terakhir keterangan dari orang tuanya ini aktif di beberapa kelompok itu jaringan Lampung dan Sibolga," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Dedi mengatakan Abu Hamzah lebih handal dibanding RIN, terduga teroris yang ditangkap di Lampung beberapa hari sebelumnya. Keduanya sama-sama saling terlibat dalam jaringan Asharu Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS.

Lebih lanjut, kelompok ini mengincar untuk menyerang markas kepolisian. Alasannya sederhana, bagi mereka, polisi adalah orang yang paling getol hendak menggagalkan aksi terornya.

"Dia sasarannya adalah melakukan aksi (teror) terhadap markas maupun secara personal aparat keamanan. Kenapa? Kareana aparat keamanan termasuk yang paling getol atau paling intens melakukan penegakan hukum terhadap kelompok mereka," terang Dedi.

Abu Hamzah ditangkap pada Selasa (12/3) siang. Usai penangkapan Abu Hamzah, drama ledakan bom terjadi di rumah Abu Hamzah saat polisi hendak meminta istri Abu Hamzah untuk menyerahkan diri. Pada akhirnya istri Abu Hamzah melakukan bom bunuh diri dengan menggunakan bom lontong.

Di dalam rumahnya, polisi menemukan adanya 4 bom aktif yang dipasang di semua sisi pintu. Selain itu, sejumlah bahan peledak juga didapatkan dalam rumah Abu Hamzah. [rok]

Komentar

x