Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 07:43 WIB

Camat Badegan Sebut 52 Warga Didoktrin Oleh Santri

Kamis, 14 Maret 2019 | 13:27 WIB
Camat Badegan Sebut 52 Warga Didoktrin Oleh Santri
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Camat Badegan, Ponorogo, Ringga Irawan mengatakan puluhan warga Dusun Krajan hijrah ke Malang setelah mendapat bisikan atau doktrin tentang kiamat sudah dekat dari santri atau jemaah sebuah ponpes di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

"Pada awalnya mereka dipengaruhi atau diajak oleh K (48), warga Dukuh Rrajan, Desa Watubonang yang merupakan jemaah santri di sana," kata Ringga, Rabu (13/3/2019).

Selain tentang kiamat, puluhan warga Krajan itu disebutnya juga dijejali fatwa soal perang dan ancaman kemarau panjang.

Dalam rilis yang dikeluarkan Kecamatan Badegan, Ringga menjelaskan jika 52 warga tersebut diduga menjadi jemaah Thoriqoh Musa.

"Terkait isu kiamat sudah dekat, jemaah diminta pergi dan menjual semua aset di Desa Watubonang," katanya.

Soal Ramadhan tahun ini yang akan diwarnai huru-hara, jemaah diminta membeli pedang seharga Rp 1 juta. Kemudian tentang kemarau panjang selama 3 tahun mulai 2019-2021, jemaah diminta menyetor gabah 500 kg per orang karena kemarau mengakibatkan paceklik.

Sebagaimana diberitakan, setelah kabar hoax tentang hari kiamat dari suku maya, kabar kiamat jadi kerap bermunculan. Teranyar, kabar hari kiamat muncul di Ponorogo.

Informasi kiamat sudah dekat diduga menyerang 52 warga Ponorogo yang membuat mereka akhirnya minggat. Mereka diduga meninggalkan kampung halamannya untuk berlindung di sebuah pondok pesantren di Malang karena percaya akan segera terjadi kiamat.

52 warga Ponorogo yang dimaksud yakni mereka yang tinggal di Dusun Krajan, Desa Watubonang, Kecamatan Badegan. Mereka pergi ke Malang setelah menjual aset-aset yang mereka miliki di dusun tersebut. Baik rumah, tanah hingga hewan ternak.

Kepindahan puluhan warga dusun tersebut mencuri perhatian setelah salah satu warga net, Rizki Ahmad Ridho membahasnya di laman Facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo (ICWP) pada Senin (11/3) sekitar pukul 10.14 WIB. [rok]

Komentar

Embed Widget
x